Our social:

Senin, 05 Agustus 2013

Bahaya Meninggalkan Puasa

Puasa di bulan suci Ramadhan bagi umat Islam adalah sebuah kewajiban yang menjadi dasar keimanan setiap individu yang mengaku beriman. Sehingga dalam surat al Baqarah diperintahkan hanya pada orang-orang yang beriman saja.

 
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ {183} أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةُ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرُُ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ {184}


"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu), memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (Al-Baqarah: 183-184).

Point ayat diatas yang pertama adalah kata panggilan atau seruan khusus bagi orang yang beriman, dan point yang terakhir menunjukkan kalimat "lebih baik jika kamu mengetahui".

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa dalam satu hari atau jika diaplikasikan dalam setahun terdapat satu bulan yang khusus untuk mengistirahatkan tubuh kita. Kita lihat pertama yaitu:
1. Mengistirahatkan tubuh dari makanan yang berlebihan selama sehari penuh.
2. Mengoptimalkan kerja jantung yaitu ketika banyaknya senyawa khususnya lemak dan kolesterol jahat yang tidak beredar berlebihan dalam aliran darah tidak membuat jantung lebih keras untuk bekerja dalam memompa darah yang berisi komponen tersebut.
3.  Mengistirahatkan ginjal dari penyaringan keras darah sehingga ginjal menjadi beristirahat selama sehari untuk kemudian dipersiapkan kembali saringannya menjadi bersih kembali layaknya filter pada saringan air yang seharusnya dibersihkan secara berkala.
4. Mengistirahatkan hati (liver) dari racun tubuh yang senantiasa difilter terus menerus sejak makanan dikonsumsi. Sama seperti ginjal yang diistirahatkan untuk dipakai kembali.
5. Pembuluh darah menjadi bersih layaknya pipa ledeng yang penuh kerak berupa lemak jahat yang perlahan terkikis karena diistirahatkan sementara.
5. Orang yang tidak berpuasa tidak menerima kegembiraan luar biasa tatkala menjelang berbuka puasa. sehingga menjadi bosan dan stress karena merasa makanan di dunia hanya itu-itu saja.
6. Usus menjadi bersih. Lambung menjadi optimal. Rasakan sendiri manfaatnya. Alangkah beruntungnya menjadi orang Islam
7. Para pecandu rokok dapat dengan mudah tidak terkena asap di paru-paru dan saluran nafas lainnya minimal sehari untuk kemudian dengan tekad kuat akan menghentikan kebiasaannya.
8. Nah, bagi calon pekerja yang akan diperiksa kesehatannya tentunya diperintahkan untuk berpuasa dahulu untuk kemudian dicek kesehatannya. Dari sini saya tidak perlu menjelaskan lebih lanjut manfaat untuk berpuasa.
      
“Berpuasalah maka niscaya kalian akan sehat.” HR ath-Thabarani

Meskipun hadist diatas diriwayatkan sebagai dhaif atau lemah dari segi sanad. Namun manfaat puasa memang telah terbukti secara ilmiah. Begitulah janji Allah SWT bagi orang-orang yang mau berpikir.

 
Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: