Our social:

Minggu, 22 September 2013

DOKTER KELUARGA



Apakah yang dimaksud dokter keluarga ? dokter praktek umum yang menyelenggarakan pelayanan primer yang komprehensif, kontiniu, mengutamakan pencegahan, koordiantif, mempertimbangkan keluarga, komunitas dan lingkungannya dilandasi keterampilan dan keilmuwan yang mapan. Diskusi ini dibicarakan pada Musyawarah Cabang dan Seminar BPJS Kesehatan IDI Cabang Balikpapan. Bersama dr. Abdul Haris dari Kepala Bidang Manajemen Pelayanan Kesehatan Divisi Regional VIII ASKES, juga hadir sebagai pembicara dr. Zaenal Abidin, MH (Ketua PB IDI). Dengan karakteristik yaitu pelayanan komprehensif; promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif.

Kembali dari prinsip yang lima atau  5 Star doctor (five star doctor);
-          Care provider
-          Decision maker
-          Communicator
-          Community leader
-          Manager of healthcare
 Peran
-          First contat, personal care, comprehensive care, paradigma sehat, continuous care, coordination and collaboration, Family and Community.

Untuk program pelayanan RJTP dokter keluarga, model pelayanan dokter keluarfa yang diterapkan adalah dilengkapi dengan pelayanan obat dan laboratorium sederhana, berdasarkan kerjasama dokter keluarga dengan apotik dan laboratorium yang terdekat dengan tempat praktek dokter keluarga.

SEDANGKAN KLINIK adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis dokter gigi, atau dokter gigi spesialis). Terbagi lagi atas KLINIK PRATAMA yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar. Dan KLINIK UTAMA yang menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik. KLINIK memiliki sifat pelayanan antara lain rawat jalan, one day care, rawat inap, dan home care.

Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: