Our social:

Rabu, 17 April 2013

Echocardiography (USG Jantung)

Bermain-main dengan program Virtual Heart Bagian III

Kali ini kita dapat bermain-main dengan melihat USG jantung. Echocardiography digunakan untuk menilai fungsi jantung terutama aliran darah dan seberapa besar kenormalan dari curah jantung yang terpompa melalui katub-katub di jantung. 

Pada prinsipnya sama dengan USG biasa seperti abdomen namun memerlukan keahlian khusus sang operator. Baiklah kita coba melihat bersama apa yang terekam di dalam echocardiografy program ini.Pada dasarnya ada tiga cara untuk menilai, yaitu tampak posisi apical, kemudian posisi long axis parasternal, dan short axis. Untuk memudahkannya kita menggunakan tampak depan saja (apical anterior) dikarenakan pembahasannya akan panjang dan membosankan. Dengan ringkas semoga bermanfaat dan mudah untuk dihafalkan. Selamat menyaksikan. 
  
 Klik Gambar untuk memperjelas


 1. Echo Right Atrium

 2. Echo Left Atrium



 3. Musculus Papillaris
 5. Katub Pulmonal
 7. Ventrikel Kanan

 4. Septum interventrikularis
 6. Katub tricuspidalis
 8. Ventrikel kiri

 Sepertinya ada yang kurang ya ?
Lantas dimana katup Mitralis ? Saya tidak melihatnya ? Bagaimana dengan anda apakah melihat ?

Tenang dulu, tentu saja katub mitralis tersembunyi tidak terlihat dalam posisi apical seperti ini.
 Nah ini dia bonus untuk anda, Katub mitralis baru terlihat pada posisi parasternal dibawah ini. Karenanya keahlian operator sangat dibutuhkan.
9. Katub Mitralis (pada posisi parasternal)




 
Nah demikian perjumpaan kita kali ini tentang echocardiografi. Lain waktu kita akan sama-sama belajar dengan mudah tentang aliran darah berupa warna-warni pada echocardiografi ini dengan idzin Allah SWT. Sampai Jumpa. Wassalamualaikum ...
 
Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: