Our social:

Senin, 16 September 2013

Kista Indung Telur



Assalamualaikum wr wb.

Dokter, saya mau bertanya. Kalau seorang wanita terkena kista itu karena apa ya dokter ?

Maaf bisakah kita terhindar dari kista ? saya sangat takut kalau dengar teman saya setelah operasi kista. Itu kista penyakit apa ? maksudnya supaya wanita itu terhindar dari penyakit ini, adakah sesuatu pantangan yang tidak boleh semisal faktor makanan atau apa dokter. Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb.

Ny. W - Balikpapan


Waalaikumussalam wr wb.

Selamat dan berkah rahmat Allah semoga tercurah pada kita semua. Jika yang dimaksud Ibu W adalah kista ovarium itu adalah pertumbuhan dari sel telur yang tidak sempurna dan berisi cairan. Untuk penyebabnya hingga saat ini masih dalam perdebatan. Disebutkan bahwa di lokasi telur tersebut diproduksi gel yang keluar dari sel-sel mukus dan serous yang membentuk kantung.


http://www.gynaecologist4u.com/17.html
Dari etiologi sendiri kista itu terbentuk dari;

1. folikel ovarium

2. korpus luteum

3. sel telur

4. endometriosis



Nah apa saja yang memicunya ?

Para ahli mengatakan pencemaran dari polusi yang mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh adalah faktor penyebab. Asap kendaraan, yang memicu radikal bebas adalah salah satunya.


Untuk wanita normal memiliki hormon estrogen, progestero, serta sedikit testosteron. Sehingga makanan yang memicu ketidakseimbangan itu sebaiknya dikurangi seperti ayam ras yang terus menerus.Ibu jangan terlalu kuatir akhirnya paranoid dengan tidak memakan makanan diatas, intinya tubuh memiliki pertahanan sendiri dalam mengatasi masalah diatas secara sempurna. Hanya kita perlu menahan diri untuk tidak berlebihan.



Jenis-jenis kista

Siklus menstruasi, jagalah kesehatan siklus ini
Secara umum kista dibagi atas dua bagian yaitu non neoplastik (tidak terjadi pertumbuhan sel), dan neoplastik. Jika kita berbicara tentang kista non neoplastik adalah kelainan yang tidak berbahaya jadi pada saat tertentu melewati siklus menstruasi, setelah terjadi ovulasi atau sel telur keluar saat menjelang menstruasi maka kista tersebut membesar dengan sendirinya. Dan selanjutnya akan hilang sendiri. Khusus pada kista ini tidak lebih dari 5 cm.



Sedangkan kista ovarium neoplastik jinak tebagi lagi atas; Kista Ovarii Simpleks, Musinosum, Serosum, Dermoid, dan Transitional. Yang tentunya penjelasannya akan sangat panjang. Ketika ada gangguan haid, rasa nyeri berkepanjangan, nyeri tajam berlebihan saat haid, pembesaran perut, nyeri buang air kecil yang tak wajar dsb, bisa dilakukan USG untuk melihat apakah ada kista tersebut. Selanjutnya adalah menunggu karena sebagian besar kista akan menyusut dengan sendirinya atau yang dinamakan kista Fungsional dalam waktu 3 bulan.



Bagaimana menghindarinya ?

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk hidup secara sehat dan wajar. Karena itulah menjaga kesehatan dengan hidup sehat adalah sangat utama. Sebagaimana dalam ayat dibawah ini.






Rahim Sehat (Nathan 3D)
Karena itulah kita dapat menghindari hal-hal yang buruk ini dengan jalan menempatkan segala sesuatu karena sebab-akibat. Seperti menghindari berhubungan suami istri saat haid karena dapat menghambat keluarnya darah haid yang selanjutnya terjadi infeksi yang menyebabkan kista. Menghindari memakan makanan haram seperti daging babi, dan alkohol atau minuman keras yang juga pada akhirnya menyebabkan gangguan sel penyebab kista. Dan juga makanan sehat lainnya seperti tidak terus menerus mengkonsumsi lemak secara berlebihan atau ayam boiler. Apalagi hingga berganti-ganti pasangan seperti zina dan kawin mut’ah, yang dapat merusak rahim penyebab kanker hingga HIV AIDS. Selalu rajin shalat lima waktu agar kondisi tubuh baik terutama hormonal yang berpengaruh langsung pada rahim. Hingga penggunaan kosmetik berbahaya. Semoga kita dapat istiqamah dalam tuntunan apa yang diperintahkan dan dilarang Rasulullah SAW. Wa Allahualam bissawab.

Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: