Our social:

Jumat, 30 Agustus 2013

DIBALIK KESAKTIAN TAWAS



Tawas merupakan kristal yang dewasa ini makin sering digunakan terutama untuk menjernihkan air. Namun tahukah anda bahwa makin banyak tawas yang dipergunakan tidak semestinya. Celakanya senyawa serbaguna ini digunakan pula untuk bahan makanan.
Dengan struktur dasar Alumunium Sulfat (Al2(SO4)3 kesaktian tawas sudah tidak diragukan lagi dalam menjernihkan air. Apalagi dalam bidang kosmetik hampir setiap hari menghiasi ketiak khususnya para wanita untuk menghilangkan bau badan. Dan memang sepanjang hari dapat bertahan sedemikian rupa hingga bau badan itu dapat tertutupi dengannya.Orang-orang menyebut benda sakti itu deodorant.

Namun disamping manfaatnya penggunaan yang salah dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kesehatan itu sendiri. Masya Allah dalam industri yang melanggar peraturan dari badan pengawas obat dan makanan Indonesia, mereka mencampurkannya dalam berbagai produk makanan seperti ikan kemasan, bakso, empek-empek, bihun, krupuk, tahu, hingga buah-buahan. Jika tertelan dalam kadar tertentu,  jumlah aluminium yang berlebih dan tidak stabil menyebabkan terjadinya keradangan pada membrane sel dan menghasilkan ROS (Radikal Oxygen Species).  

Berikut data-data yang berhasil dihimpun :
A.      KEMATIAN
Kejadian kasus fatal kematian dapat dilihat pada peristiwa berikut ini sebagai pelajaran berharga ;
1.       Kandungan  alumunium (Al) pada tawas yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan iritasi saluran cerna dan menurunkan fungsi paru (Haribi dan Yusrin 2005).
2.       Beberapa kematian telah dilaporkan setelah terjadi paparan aluminium logam berbentuk bubuk halus yang digunakan dalam cat, bahan peledak, dan kembang api. Sebelum meninggal, para pekerja yang diteliti  dari total 27 pekerja diperiksa di pabrik ini menunjukkan gangguan pernapasan dan rontgen dada menunjukkan tanda-tanda paru fibrosis interstitial nodular. (Mitchell et al 1961.)
3.       Analisis kimia menunjukkan bahwa debu tersebut menjadi 81% logam alumunium dan 17% berbagai oksida dan hidroksida aluminium. Menambah jumlah laporan kasus kematian pekerja yang terpapar bubuk serpihan aluminium (McLaughlin et al. 1962)
4.       Kasus lain yang menyebabkan kematian serupa dilaporkan seperti; las asap (Hull dan Abraham 2002), atau asap smelter (Gilks ​​dan Churg 1987)

B.      PERCOBAAN YANG BERKAITAN DENGAN KEMATIAN HEWAN

                Tidak ada studi yang mengevaluasi terletak kematian dari paparan inhalasi durasi menengah pada hewan untuk aluminium atau senyawanya. Dari uji coba yang dilakukan pada hewan, tidak ada yang menunjukkan kematian akibat paparan inhalasi ke aluminium atau senyawanya. Misalnya, tidak ada kematian yang dilaporkan menyusul akut eksposur 4 jam untuk sampai dengan 1.000 mg Al/m3 sebagai aluminium oksida dalam kelompok laki-laki 12-18 Fischer 344 tikus (Thomson et al. 1986) atau paparan kronis berikut untuk 2,18-2,45 mg Al/m3 sebagai serat alumina selama 86 minggu dalam kelompok 50 pria dan wanita tikus Wistar (Pigott et al. 1981).

C.      EFEK SISTEMIK
                Tidak ada studi yang menunjukkan efek cepat  dari pencernaan, kulit, atau tubuh, efek berat pada manusia atau efek metabolik pada hewan setelah paparan inhalasi dalam durasi akut berbagai bentuk senyawa aluminium. Kesimpulannya tentu saja efek yang ditimbulkannya adalah berangsur-angsur, perlahan-lahan, namun mematikan setelah paparan itu tinggi dalam tubuh.

-          Respirasi
                Banyak sekali jika melihat penelitian sebelumnya. Diambil contoh adalah salah satu penelitian dari  sejumlah studi telah meneliti potensi aluminium udara untuk menginduksi efek pernapasan pada pekerja yang terpapar. Paparan asap dan debu aluminium terjadi pada potrooms mana logam aluminium panas pulih dari bijih, pengecoran adonan aluminium mencair dan dituangkan ke dalam cetakan, dalam operasi pengelasan, dan produksi dan penggunaan bubuk halus aluminium. Karena para pekerja juga terkena sejumlah bahan kimia beracun lainnya seperti sulfur dioksida, hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), karbon monoksida, hidrogen fluorida, dan klorin, sulit untuk menganggap efek pernapasan aluminium. Mengi (Wheezing), dyspnea, dan atau gangguan fungsi paru-paru telah diamati pada pekerja potroom (Bast-Pettersen et al 1994;. Chan-Yeung et al 1983;. Radon et al 1999;.. Simonsson et al 1985), pengecoran pekerja (Al-Masalkhi dan Walton 1994;. Burge et al, 2000; . Halatek et al 2006), pekerja yang terpapar debu aluminium halus (termasuk penggiling) (Jederlinic et al 1990;. Korogiannos et al 1998;. Miller et al 1984b), sebuah lukisan semprot pekerja dengan cat aluminium (Bost dan Newman 1993. ), dan tukang las (Abbate et al 2003;. Herbert et al 1982;. Hull dan Abraham 2002;. Vandenplas et al, 1998), meskipun penelitian lain tidak menemukan efek yang signifikan (Musk et al, 2000).. Asma kerja telah dilaporkan pada pekerja potroom aluminium (seperti ditinjau oleh Abramson dkk tahun 1989 dan Kilburn 1998.), Ada beberapa perdebatan apakah asma berhubungan dengan paparan iritasi pernapasan, seperti hidrogen fluorida dan klorin, atau karena paparan aluminium . Laporan kasus memberikan bukti sugestif bahwa paparan kronis aluminium dapat menyebabkan asma kerja. Sebuah reaksi asma diamati mengikuti tes provokasi bronkial sebuah pengecoran aluminium pekerja (Burge et al. 2000) dan seorang tukang las aluminium (Vandenplas et al. 1998).

Fibrosis paru adalah efek pernapasan yang paling sering dilaporkan diamati pada pekerja yang terpapar debu aluminium halus (pyropowder), alumina (aluminium oksida), atau bauksit. Namun, laporan yang saling bertentangan yang tersedia pada potensi fibrogenic aluminium. Dalam beberapa kasus, fibrosis ini disebabkan seiring paparan bahan kimia lainnya. Misalnya, fibrosis paru telah diamati pada sejumlah pekerja bauksit atau pekerja potroom (De Vuyst et al 1986,. Gaffuri et al, 1985;. Gilks ​​dan Churg 1987; Jederlinic et al 1990;. Jephcott tahun 1948, Musk et al 1980. , Riddell 1948, Shaver 1948, Shaver dan Riddell 1947); para pekerja ini, sangat mungkin bahwa ada paparan simultan untuk silika dan bahwa yang terakhir adalah agen penyebab daripada aluminium. Beberapa kasus awal fibrosis paru dilaporkan pada pekerja mesiu Jerman terkena pyropowder (Goralewski 1947).

Laporan kasus fibrosis pada pekerja yang terpapar aluminium digiling halus juga telah dilaporkan oleh Edling (1961), McLaughlin et al. (1962), Mitchell et al. (1961), dan Ueda et al. (1958). Namun, penelitian lain tidak menemukan bukti radiologis fibrosis paru pada pekerja yang terpapar alumina (Meiklejohn dan Posner 1957, Posner dan Kennedy 1967) atau aluminium bubuk halus (Crombie et al 1944.). Hal ini diyakini bahwa hasil penelitian yang bertentangan adalah karena perbedaan pelumas yang digunakan untuk menghambat oksidasi permukaan selama penggilingan (dinman 1987). Asam stearat adalah pelumas yang paling umum digunakan dalam industri aluminium, asam stearat menggabungkan dengan aluminium untuk membentuk aluminium stearat. Paparan stearat aluminium tidak muncul untuk menjadi fibrogenic kepada pekerja (Crombie et al 1944;. Meiklejohn dan Posner 1957, Posner dan Kennedy 1967). Sebaliknya, penggunaan sebelumnya dan sekarang dihentikan dari nonpolar alifatik minyak pelumas, seperti minyak mineral, telah dikaitkan dengan fibrosis (Edling 1961; McLaughlin et al 1962;. Mitchell et al 1961;.. Ueda et al 1958). Fibrosis paru juga telah diamati di busur tukang las aluminium (Vallyathan et al. 1982), seorang pekerja produksi aluminium terkena asap aluminium oksida (Al-Masalkhi dan Walton 1994), dan pekerja dalam industri aluminium yang tidak ditentukan (Akira 1995). Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan aluminium-induced pneumokoniosis (Hull dan Abraham 2002; Korogiannos et al 1998;.. Kraus et al, 2000), paru alveolar proteinosis (. Miller et al 1984b), pneumonia interstitial (. Herbert et al 1982), dan granuloma (Cai et al 2007;. Chen et al 1978;.. De Vuyst et al 1987), namun laporan-laporan ini didasarkan pada sejumlah kecil kasus, yang membatasi interpretasi mereka.
BERSAMBUNG …

Dan masih banyak lagi laporan-laporan yang ada di jurnal kesehatan dunia tentang tawas ini. Namun jika dilakukan pembahasan semua dapat tidak tertidur hingga berhari-hari. Sehingga singkatnya kita manfaatkanlah tawas ini dengan manfaat yang sebenar-benarnya untuk kemaslahatan.

Bagaimana dengan tawas pada PDAM air minum ? Berbahayakah ?



Mengenai pertanyaan ini jawabannya adalah tidak berbahaya. Mengapa ? Karena air pada pipa ledeng resmi dari PDAM telah mengalami uji ambang batas yang ketat dan terprogram sehingga aman bagi manusia. Hanya saja untuk tips penggunaannya sebaiknya setiap rumah tangga hendaknya memiliki tempat penampungan air sementara yang berbahan selain logam (bukan drum berbahan logam) untuk menyimpan air PDAM sementara sehingga endapan air tidak tercampur dengan air diatasnya.

Untuk para produsen makanan hendaknya  segera bertaubat untuk tidak menggunakan senyawa berbahaya ini karena ancaman azabnya sangat berat.


مَّا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ
 “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An Nisaa : 79)





Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

2 Komentar Anda:

Apple mengatakan...

Thanks

Apple mengatakan...

Terima kasih.