Our social:

Selasa, 03 September 2013

PRO KONTRA KLONING

SEJARAH KLONING
Pada1995 suatu kelompok ilmuwan di Roslin Institute Edinburgh  sedang mencari suatu cara untuk memodifikasi binatang ternak.  Satu tahun sebelum kelahiran Dolly, mereka menemukan itu. Mereka melakukan cloning Megan dan Morag dari embrio, mereka tumbuh dan berkembang selama beberapa minggu di dalam laboratorium. Diluar dugaan, terobosan ini tidak membuat media tertarik

Domba itu bernama Dolly
Dolly hadir di dunia pada 5 Juli 1996. Tujuh bulan setelah itu, Dolly baru dipublikasikan dan menjadi salah satu terobosan yang paling signifikan yang terjadi dalan dunia ilmiah.
Saat itu Griffin membela hasil ciptaan institutnya itu dan menyatakan bahwa penelitian atasnya dapat membantu untuk menghasilkan berbagai perlakuan baru terhadap sejumlah penyakit.

Mereka menduplikasinya
Dr. Ianwilmut dan rekan-rekannya di Institut Roslin yang melakukan penelitian dengan teknik duplikasi domba dengan cara non seksual yang menghasilkan dombadollyitu merupakan terobosan besar dalam dunia biologi.
Dalam kloning terhadap organisasi tingkat tinggi seperti hewan dan manusia dibuat dari sebutir inti sel dewasa yaitu dari sel-sel kelenjar payudara (sel kambing) dewasa, yang melalui proses sebagai berikut :
  1. Sel diambil dari organ susu, lalu di tempatkan kedalam cawan petri dengan konsentrasi rendah. Karena mengandung sedikit makanan, maka setelah beberapakali sel berhenti membelah, dan sel berada dalam keadaan tertidur, mirip dengan keadaan sewaktu inti sel sperma bergabung dengan inti sel telur setelah pembuahan
  2. Sebuah sel yang belum di buahi di ambil dari jenis sel lain inti sel beserta DNA-nya disedot keluar sehingga yang tersisa hanyalah sebuah sel telur kosong tanpa nukleus namun tanpa memiliki segala perlengkapan sel telur yang di perlukan untuk menghasilkan sebuah janin.
  3. Sel pertama dalam sel kedua yang telah kosong di dempetkan dengan pulsa listrik tersebut dikejutkan dan bergabung menjadi satu.
  4. Kejutan  kedua diberikan yang bertindak sebagai hentakan energi yang terjadi dalam pembuahan  yang memicu terjadinya pembelahan sel.
  5. Enam hari kemudian, emberio dari pembelahan sel itu di tanam kedalam induk rahim ketiga. setelah masa kehamilan, induk ketiga akhirnya melahirkan bayi kloning yang secara identik dengan induk yang menjadi donor DNA.
 
Bagaimanakah sudut Pandang Islam Terhadap Kloning ?
Apabila kiat mencermati, awal sampai akhir proses kloning, tentu hal ini akan menimbulkan problem yang sangat besar ketika kloning diterapkan pada manusia,walaupun di sisi lain juga ada beberapa manfaat.
Seperti yang kita ketahui manusia sebagai makhluk biologis maka laki-laki memerlukan perempuan ataupun sebaliknya.
Disamping itu proses perkembangan manusia pertama-tama diatur perkawinan yang sah menurut Islam. Dan perkawinan adalah suatu ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami isteri berdasarkan hukum (UU), hukum agama atau adat istiadat yang berlaku sebagaimana sunnatullah.


Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan)dalam tempat yang kokoh (rahim)
Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging,dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang,lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging.Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain.Maka maha sucilah Allah,Pencipta yang paling baik (Q.S: al Mukminun 13-14)

Ayat ini mengisyaratkan unsur manusia ada tiga yaitu; unsur jasad (jasadiyah), unsur nyawa (nafs), dan Unsur ruh (ruh). Adapun dalam pertimbangan ini manusia mengetahui proses terjadinya manusia,oleh karenanya untuk mengetahui keafsahan kloning dalam Islam harus dikaitkan dengan dua pertimbangan selanjutnya, yaitu pertimbangan moral dan hukum. Selain itu adanya hubungan nasab keturunan yang akan dipertanyakan pada anak hasil kloning ketika dewasa.

Pendapat Para Ulama

Quraish Shihab
Bahwa Islam tidak pernah memisahkan ketetapan-ketetapan hukumnya dari moral sehingga dalam kasus kloning walaupun dalam segi aqidah tidak melanggar wilayah qodrat Illahi, namun karena dari moral teknologi kloning dapat mengantar kepada perpecahan manusia karena larangan lahir dari aspek ini.

Munawar Ahmad Anas
bahwa paradigma al-Qur’an menolak kloning seluruh siklus kehidupan mulai dari kehidupan hingga kematian, adalah tindakan Illahiyah. Manusia adalah agen yang diberi amanah oleh Tuhan, karena itu penggandaan manusia semata-mata tak di perlukan (suatu tindakan yang mubadzir).

Abdul Aziz Sachedia (Amerika)
teknologi kloning hanya akan meruntuhkan institusi perkawinan”

KH Ali Yafie ,
Ada dua ayat Al-Qur'an yang memberikan isyarat. Yaitu, manusia adalah  makhluk yang diberikan kehormatan tersendiri, untuk menjadi khalifah.  Dalam surah al-Isra ayat 70 dijelaskan: walaqad karamna bani adam .  Artinya, Allah memberikan kehormatan kepada manusia. Nilai kemanusiaan  itu harus dipelihara, sejalan dengan surah at-Thien: laqad khalaqnal  insaana fi ahsani taqwiem . Kemudian digambarkan nilai kemanusiaan itu  bila terkena degradasi: summa radadnahu asfala safilin . Nah, kalau  kloning itu mau dicoba untuk membiakkan manusia, itu bertentangan dengan ayat tersebut.

Dr Amin  Abdullah (Ketua Majelis Tarjih Muhammadiyah )
-        Beliau menganjurkan umat Islam agar dalam melihat persoalan jangan sepotong-sepotong.
-        "Jangan semua perkembangan iptek cuma untuk dicela dan dicegah,"
-        Menurut beliau, Al-Qur'an sering mengisyaratkan manusia akan tanda-tanda keagungan Tuhan. Dan teknologi kloning, menurutnya, merupakan salah satu tanda keagungan Tuhan yang diberikan kepada manusia. "Saya percaya ada hikmah yang besar terkandung di dalam kloning, walaupun saya sendiri belum tahu hikmah apa itu," jelas Amin menambahkan.
-         
Tim bahsul masa’il Nahdhatul Ulama’
      Pemanfaatan teknologi pada tanaman diperbolehkan, karena hajat manusia untuk kemaslahatannya. Kloning gen pada hewan di perbolehkan dengan catatan; dengan hewan yang halal di makan, tidak menimbulkan takdzib (penyiksaan), tidak melakukan penyilangan antar hewan yang haram dengan yang halal
      Adapun kloning pada gen manusia menurut etika dan hukum agama tidak dibenarkan (haram) serta harus dicegah sedini mungkin. Hal ini karena akan menimbulkan masalah baru dan madharat yang lebih besar.

Fatwa yang sama diputuskan oleh MUI, pada Munas VI (25-29 Juli 2000) menetapkan
      hukum cloning terhadap manusia, dengan cara bagaimana pun yang berakibat pada pelipatgandaan manusia hukumnya adalah haram. Bahkan, dalam fatwa MUI tersebut mewajibkan kepada semua pihak yang terkait untuk tidak melakukan atau mengizinkan eksperimen atau praktik cloning terhadap manusia

Berikut ini beberapa manfaat kloning, khusus dalam bidang medis. Beberapa diantara keuntungan terapeutik dari teknologi kloning adalah sebagai berikut:
1.       Kloning manusia memungkinkan banyak pasangan tidak subur untuk mendapatkan anak.
2.       Organ manusia dapat dikloning secara selektif untuk dapat dimanfaatkan sebagai organ pengganti bagi pemilik sel organ itu sendiri, sehingga dapat meminimalisir resiko penolakan.
3.       Sel-sel dapat dikloning dan diregenerasi untuk menggantikan jaringan-jaringan tubuh yang rusak, contohnya urat saraf serta jaringan otot.
4.       Teknologi kloninng memungkinkan para ilmuan medis untuk menghidupkan dan mematikan sel-sel, dengan demikian teknologi dapat digunakan untuk mengatasi kanker.
5.       Teknologi kloning memungkinkan dilakukannya pengujian dan penyembuhan penyakit-penyakit keturunan.

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG KLONING
  1. Mulai muncul ke permukaan dari Roslin Institute dekat Edinburg tahun 1996
  2. Diambil dari nama Dolly Parton yaitu seorang penyanyi wanita dari Amerika Serikat
  3. Sel Dolly diambil dari kelenjar susu domba induk
  4. Berumur pendek karena memaksakan DNA dewasa kepada anak domba yang baru lahir
  5. Butuh percobaan sebanyak 277 kali hingga berhasil
  6. Sel-sel cepat menua hingga domba meninggal karena kekebalan tubuh yang rendah dalam laporan meninggal karena penyakit paru-paru
  7. Maslahat yang didapat adalah para ilmuwan sedang meneliti sel-sel organ tubuh yang perlu untuk dikloning seperti jantung atau ginjal
  8. Sebenarnya ada 6 binatang lagi yang telah berhasil dikloning selain domba dolly yaitu tikus yang bernama Cumulina (Hawai, 1998), Gaur bernama Noah (Iowa, 2001), Kucing bernama Carbon Copy (2001), dan Sapi yang bernama Vandyk-K Integ Paradise 2 (Inggris), Babi (Byrne, 2002), Kambing (Baguisi, 2000)
  9. Hingga sekarang masih kontroversial, di Amerika sendiri terjadi penolakan bahkan dari kalangan awam dengan berbagai alasan
  10. Menginspirasi para sutradara film membuat cerita fiksi ilmiah tentang cloning yang banyak dirilis terutama Holywood
Hasil dari Resolusi Akademi Fikih Islam tentang Kloning Manusia X Jeddah, 1418H/1997M menetapkan bahwa:
1. Kloning manusia dilarang keras
2. Bila No. 1 dilanggar harus ditinjau berdasarkan syariat
3. Semua manipulasi diluar ikatan perkawinan adalah tidak sah
4. Boleh melakukan rekayasa genetika dengan syariat yang mendukung kemaslahatan
5. Kepada negara-negara berpenduduk Islam dihimbau untuk mengeluarkan peraturan terkait untuk mencegah lembaga penelitian asing yang tidak sesuai syariat
6. Akademi Fikih Islam bekerjasama dengan Organisasi Medis Islam, menggalakkan kegiatan pertemuan/seminar untuk penegasan masalah syariat
7. Seruan untuk pembentukan komite khusus yang terdiri dari para ilmuwan berkompeten dibidangnya untuk melahirkan sebuah pedoman untuk negara-negara Islam dalam riset dan teknologi
8. Membentuk dan membiayai riset mandiri agar terhindar dari ketergantungan penemuan pihak luar yang bertentangan syariat
9. Menghimbau media agar berperan aktif dalam memberitakan informasi yang benar tentang Islam

Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: