Our social:

Sabtu, 05 Oktober 2013

Mengetahui Isi kepala kita (Anatomy of Brain)



Kali ini kita bermain-main menggunakan program virtual Brain yang dibuat oleh tim dari “The Albany Medical College Virtual Brain Model” (Charles H. Kite et al, 2009). Karena pembagian otak sangat luas dan kompleks. Untuk lebih mudahnya kita bagi saja dengan pembagian yang paling besar. Pertama kita bagi dalam otak yang dinamakan ganglia basalis.  Ringkasnya seperti ini:
A.      Otak bagian dalam;
1.       Ganglia basalis ; dengan lokasi sebelah lateral dari kapsula interna bilateral. Dengan fungsi memulai gerakan
2.       Thalamus ; lokasi mengelilingi ventrikulus tertius, tepat diatas otak tengah.  Dengan fungsi stasiun penerus sensorik
3.       Capsula Interna; lokasi terletak pada subtansia alba. Dengan fungsi merupakan sambungan dari semua traktus substansia alba dari dan menuju korteks.
4.       Hipotalamus ; lokasinya terletak tepat di bawah thalamus dibatasi oleh sulcus hipotalamus, dasarnya diensefalon dan sebagian dinding lateral ventrikel III; fungsinya kompleks meliputi berbagai macam perasaan seperti makan, minum, dan kasih sayang.
B.      Otak tengah
Dalam hal ini adalah mesensefalon yang fungsinya juga sangat kompleks seperti pendengaran dan penglihatan. Disini juga terdapat batang otak (pons) yaitu pusat kehidupan.
Selain itu masih banyak lagi bagian-bagian isi kepala kita yang sangat panjang jika diceritakan satu persatu. Untuk itu kita lihat garis besarnya saja;

1.       Full Brain
 
2. Cerebellum
 
3. Traktus dan Nukleus
 
4. Capsula Interna

5. Sistem Limbic

6. Thalamus

7. Vaskularisasi Otak

8. Ventrikel

9. Sistem Visual



Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: