Our social:

Jumat, 19 April 2013

Assessment Problem dalam Pediatric

Balikpapan, K-Post - Memiliki dasar ilmu Biologi dan Fisika. Kemudian matematis. Kemudian abstraksi yang ke tiga adalah filosofis. Memahami mempelajari abstraksi fisiologis yang memiliki why. Phylosoper yang memiliki Correct diagnosis is three fourth the remedy (M.K. Gandhi). Dengan efektivitas terapi. Hhal ini disampaikan oleh dr. Daniel W, Sp.A. dalam pertemuan dengan para dokter umum dan dokter internship di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Jumat Kemarin (19/04/13).

Semestisa ada planning implementaring, monitoring. Semestinya kelanjutan dari SOAP. Implementasi dengan melanjutkan planning. Semua harus tercatat sesuai dengan waktu kronologis yang berjalan. Menurut engel, 1977. Dengan konsep penyakit.

Disease adalah penyakit . Penyakit ada namun belum tentu sakit. Seperti infeksi TB namun belum tentu ada gejala sakit. Sedangkan Illness adalah kondisi tubuh dengan sejumlah fungsi tubuh mengalami kelainan sehingga penderita merasa kesakitan atau tidak nyaman. Disease bersifat subjektif.

Medical problem process  berawal dari pathogenesis menghasilkan simtomatology yang dipelajari timbul respon sehingga ada patologi kemudian terjadi perubahan fungsi kemudian baru muncul patologi. Misalkan ada pasien datang dengan keluhan demam, muntah, nyeri perut, mencret.
·         Demam
·         Muntah
·         Nyeri perut
·         Mencret
Apakah assessmentnya ? misalnya kecenderungannya à GEA ?
Ternyata di dalam rujukan pustaka banyak sekali, seperti Gastroenteritis akut, dsb.
Dengan perjalanan alamiah penyakit kita  dapat mendiagnosis, masalah, komplikasi, komorbiditas, tatalaksana.
Puzzle ?
-          Demam à muntah à nyeri perut à mencret : demam tifoid, ISK, faringitis akut
-          Muntah à demam à mencret à nyeri perut : gastroenteritis akut
-          Nyeri perut à muntah à demam à mendret : gastritis, GE acut
Contoh symptom cloud adalah jebakan. Jebakan ketika anamnesis yang tak terarah. Kehilnagan kesempatan berbuat yang baik dan benar.

Seperti contoh terjadi infestasi virus  yang menstimulasi nervus vagus gejala muntah. Viremia penglepasan pirogen gejala demam ketika diperiksa DL normal. Kemudian ada invasi virus dengan patologi destruksi vili terjadi diare yang disebut diare sekretorik . Ketika dehidrasi sesuai derajat dehidrasi dengan tanda dehidrasi. Gangguan elektrolit hipoglikemia. Ketika terjadi diare osmotik terutama karena rotavirus karena itu terjadi diawali muntah dan sesuai perjalannya kemudian. Perjalanan klasik hari pertama muntah demam diare, hari kedua frekuen, hari ke tiga dan keempat mulai berkurang. Pemberian obat yang penting yang penting adalah cairan.

Untuk menuju diagnosis
Harus terarah agar tidak terjebak dalam symptom could. Personality mempengaruhi. Budaya kultural yang sesuai setempat. Untuk mendeskripsikan untuk penyakit campak, morbili, dengan bahasa daerah krumut seperti di Kalimantan. Untuk demam atau tidak misalnya dengan ukur suhu terlebih dahulu kemudian. Misalnya dirumah lebih panas mana dibanding sekarang.
Mengingat kembali fundamental four
-          Present illness
-          Past health history
-          Family health history
-          Personal/social history
Keluhan utama belum tentu menjadi diagnosis primernya. Belum tentu sistem sespirasinya. Keluhan utama belum tentu diagnosis primernya. Misal datang dengan lemas. Keluhan utama misal sesak nafas diagnosis primer dapat menjadi CRF. Analysis keluhan utama sacred saven. . Kajian sistem yang relevan dengan masalah. Konsep penyakit dalam tiga dimensi.  Past health history melihat relevansi dengan masalah yang dihadapi saat ini.

Riwayat kesehatan keluarga atau family health history melihat kesehatan keluarga, penyakit keturunan, penyakit menular yang relevan. Kecenderungan pola makan dalam keluarga misalnya. Hubungan sosial, pekerjaan, pendidikan, rekreasi, hobi, perjalanan, kebiasaan pribadi. The Sacred Seven
-          Location
-          Quality
-          Chronology
-          Severity
-          Setting/onset
-          Modifying factors
-          Associated symptoms
Lokasi keluhan ditunjukkan penyebaran keluhan ke lokasi lain. Kualitas (bentuk) keluahan dan sifat khasnya. Kronologiss/timing perjalanan penyakit sejak awal. Deskripsi gejala seperti muntah bedakan antara kasus bedah atau medis.

Tanda patognomonik seperti trias hirschprung disease: BAB, distensi. Trias kenaikan tekanan intrakranial, dsb. Deskripsi misal melena (Terry Stool), bau busuk, cair,. Kadang-kadang diare dengan batuk adalah sputum tertelan dan feces yang tertelan karena saking banyak. Simptom untuk semua pilek  contohnya pilek
Deskripsi gejala dan tanda
Pemeriksaan fisik paru:
-          Retraksi
-          Wheezing
-          Ronchi
-          Lendir
Disrepancy ?
-          Keluhan utama yang tidak sesuai dengan penyakit primer bisa saja bukan single disease
-          Single disease mungkin dengan komplikasi
-          Single disease dengan masalah (misal masalah lain yang membuat sakit bertambah parah separti masalah keluarga)
CRUISE
C = Chronic
R = Reccurent
U = Unusual
I = Intensity
S = Severity
E = Evaluate
Diagnosis yang tidak jelas
-          ISPA
-          Observasi Febris dengna trombositopenia
-          Observasi anemia
-          Respiratory Distress Syndrome (pada bayi aterm)
-          Kejang Demam
-          Electrolyte imbalance

Berikutnya adalah POEM (Problem Oriented Evidence that Materi)




Kunsantri Nurrobbbi, MD
Dapat direvisi kemudian

0 Komentar Anda: