Our social:

Jumat, 22 Maret 2013

COLORECTAL KEMOTHERAPI

Untuk kolorectal terapi pada kanker untuk preventif bagaimana dengan terapi. Early detection dilakukan eradikasi untuk kelanjutan adjuvant colorectal ca yang makin banyak di Indonesia. Untuk adjuvant atau neoadjuvant dan paliatif terapi. Early deteksi dapat dialkukan sebelumnya. Dan semestinya terapi yang menjadi kuratif dapat dilakukan pada saat stadium lanjut untuk hasil yang lebih baik.

Untuk orang-orang diatas 50 tahun semestinya dapat dilakukan untuk prosedur medical check up. Dapat lebih awal dilakukan screening awal dilakukan cek dan colonoskopi dilakukan standar prosedur yang ada.
Pada high risk untuk rectal tumor colon lebih dahulu mencapai dengan endomicroskopi dengan tumor stadium awal untuk modifikasi. Ednoskopi dengan copic disease dengan PA yang bukan high rise. Dipakai alat laparoscopi dengan tumor yang ada dengan syarat kurang dari 30% circumferential of bowel agar dapat dilakukan transcolorectal.

Metastasectomy dengan syarat liver resection harus bersih. Sisa liver harus jauh dari tubuh. Misalnya kemoterapi yang dilakukan hingga bersih. Bagaimana dengan lung resection. Harus dapat memebrsihkan primmary tumor yang dapat dilakukan. Multimodal terapi dengan inten cure. Untuk menilai peritoneal cancer untuk membuang tumor secara macroskopik. Sitoreduksi dapat dilakukan selanjutnya.

HIPEC secara lebih baik tingkat survivalnya dengan tujuan didapatkan kebaikan short course lebih bermakna. Short course lebih banyak disukai di negara eropa seperti skandinavia
Diulang kembali oleh Profesor Riwanto dari Semarang (23/03/13) tentang pentingnya terapi adjuvant untuk modalitas kemoterapi yang dikombinasi yang significant untuk terapi yang dikembangkan dari progressiitas. CEA setiap 3-6 bulan. Yang dilanjutkan untuk colonoskopi yang setelah tiga bulan dilakukan colonoskopi setiap tahun. PET scan masih mahal sehingga belum dilakukan secara rutin .

Bila ada tumor restal yang sulit dapat dilakukan trans colorectal dengan stenting untuk kanker proximal. Stenting.  Misal tumor bicolorectal  misal dapat dilakukan reseksi hepar tidak hanya dilakukan dengan APPEAR anterior rectal resection. Misal rectal cancer stadium IV dapat dilakukan untuk memperbaiki quality of life.

Kunsantri Nurrobbbi, dr. M.HI
 Dapat direvisi kemudian 
Maret 2013

0 Komentar Anda: