Our social:

Sabtu, 16 Maret 2013

SPONDYLOARTHROPATIES

Patogenesis dan manifestasi klinik kurang diminati perkembangannya sehingaa penelitian mengenai hal ini melambat.  Menurut dr. Sumariyono ahli dan konsultan rheumatology dalam acara Balikpapan Rheumatology update 2013 (17/03/13). Gambaran klinis tumpang tindih antara lain nyeri pinggang inflamasi pada spondyloartropati biasanya mengenai ekstremitas bawah. Seronegatif anti CCP, RF tidak adanya antibodi tersebut. Merupakan kelompok penyakit rematik.

Beberapa contoh atara lain Achiles tendonitis. Untuk pengobatan perbedaan axial dan perifer. Pada axial tidak berespon konvensional. Namun pada perifer masih dapat berspon. Axial spondylorthritis yang memiliki dominasi keluhan tulang belakang.
Menurut Profesor Zuljasri Albar dalam Makalah Recent advances in the management of seronegative Spondyloarthropaties fisioterapi dan OINS merupakan pengobatan terpilih (tratment of choicce).

TNF alpha memberikan respon pembentukan syndesmophyte yang menyebabkan inflamasi dan erosi. Genetik yang berperan antara lain HLA-B 27 memiliki fungsi untuk mempresentsikan antigen berbahaya misalnya patogen untuk CD8 limfosit sehingga limfosit memberikan reaksi pada peptide yang mirip dipersentasikan. Terjadinya kemiripan tersebut dimanfaatkan untuk penelitian pengobatan.

TNF untuk inflamasi kemudian diikuti erosi dan kemudian merusak.
The Role HLAB 27 dalam pathogenesis:
1.       Arthritogenic peptide hipotesis à melalui CD 8
2.       HLA-B 27 dimerization hypotesis à aktivasi melalui pembentukan homodimer atau dimerisasi dan dikenali oleh sel-sel
3.       HLA-B27 misfolding hipotesisi à membuat pro inflamasi melalui misfolding dari retikulum endoplasma melalui IL-23. Terutama melalui TH 17 sehingga berperan dalam SpA jenis axial maupun perifer

Di Kanada diteliti pemberian adalimumab 40 mg selama 12 sampai 16 minggu. Hasil yang dilihat adalah lesi pada vertebra. Hasil data dasar didapatkan VC fat. Pada 2 tahun CIL tipe B lebih banyak pembentukan Cyndesmofite. Yang berkaitan antara fat lesion dengan pembentukan tulang baru.
Sp.A PeranTiga Patogenesis :
1.       Antigen persentasi fungsi
2.       Pembentukan homodimer
3.       UPR  dan menginduksi produksi IL 23   

Penatalaksanaan umum menurut Profesor Zuljasri Albar bertujuan mengatasi keluhan yaitu nyeri, kekakuan, fatique, serta keluhan.
Aksial : NSAID dan TNF alpha.

OAINS Nonsteroid digunakan pada pertemuan rematologi di Amerika di Orlando. Penggunaan dosis tetap OINS secara kontinue menghambat pembentukan spondyloarthritis. Steroid digunakan injeksi steroid intraartikular. Pemakaian sistemik steroid tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan flare.
Sulfasalazin à untuk perifer kurang bermanfaat untuk perifer
Metrotreksat (MTX) à belum jelas
Siklosporin à menghasilkan perbaikan lesi kulit
Pada TNF alpha inhibitor terjadi kemajuan bermakna ketika menggunakannya contohnya etanercept dan infliximab. Untuk obat Abatacept manfaatnya lebih baik merupakan recombinant human fusion protein yang memberikan sinyal kedua pada reseptor CD28 pada sel T. Pada pemberian Abatacept (CTLA4-Ig) dapat diberikan intravena sekali sebulan pada AR. Menurut ELUAR (Eropa Rematologi) ataupun ASAS (Amerika) intinya sebuah treatment kasus-kasus ini  adalah monitoring kontrol yang terprogram.

Kunsantri Nurrobbi, dr. M.HI
Dapat direvisi kemudian
Maret 2013

0 Komentar Anda: